Monday, September 18, 2017

Mengenal Sosok yang Sangat Terkenal Samuel Johnson


Mengenal Sosok yang Sangat Terkenal Samuel Johnson

Halaman utama Google hari ini, Senin (18/9/2017) dihiasi dengan ilustrasi sebuah kamus yang berhiaskan foto pria bernama Samuel Johnson. Siapakah dia? Samuel Johnson atau kerap disebut sebagai Dr. Johnson ternyata sosok yang sangat terkenal di Inggris pada abad ke-18.

Pria ini menjadi terkenal karena kontribusinya terhadap dunia kesusastraan Inggris sebagai penyair, penulis essai, kritikus, penulis biografis serta leksikografer. Karya paling terkenal dari Samuel Johnson adalah kamus yang diberi nama, A Dictionary of the English Language.

Kamus tersebut dibuat Samuel Johnson dalam waktu yang sangat panjang, hampir satu dekade lamanya. Samuel Johnson mulai menulis A Dictionary of the English Language mulai 1746 silam. Seiring dengan proyek tersebut, dia juga mengerjakan sejumlah proyek lain.

Salah satunya proyek lain yang dikerjakannya adalah penerbitan kumpulan essai The Rambler. Ini merupakan kumpulan essai karya Samuel Johnson yang cukup dikenal dan terbit dua kali sepekan selama 1750 hingga 1752. Kamus A Dictionary of the English Language buatan Samuel Johnson terbit pada 1755 silam dan membuatnya menjadi sosok terkenal dan berpengaruh bagi dunia sastra Inggris. Meski demikian, karya tersebut hanya menghasilkan sedikit uang untuknya.

Google Doodle hari ini merupakan persembahan untuk ulang tahun ke 308 Samuel Johnson. Samuel Johnson lahir pada 18 September 1709 silam dan meninggal 13 Desember 1784 di London. ~Pernah Dikeluarkan, Samuel Johnson Raih Doktor dari Oxford Johnson lahir di Lichfield, Staffordshire.

Baca Juga :

Ayahnya seorang penjual buku biasa. Johnson menempuh pendidikan di Lichfield Grammar School dan sempat menempuh pendidikan di Universitas Oxford, sebelum keluar karena kekurangan dana. Ia menikah pada 1735 dengan seorang janda berusia 20 tahun bernama Elizabeth Porter. Pada 1737, Johnson pindah ke London untuk menjadi jurnalis dengan menulis berbagai macam topik.

Istri Johnson meninggal pada 1752 dan Francis Barber yang telah bekerja selama 30 setelah kematian istri Johnson menjadi ahli warisnya. Pada 1763, Johnson bertemu dengan James Boswell, seorang pengacara dari Skotlandia. Mereka kemudian melakukan perjalanan selama tiga bulan di dataran tinggi Skotlandia. Keduanya menulis laporan tentang perjalanan mereka tersebut.

Pada 1791 Boswell menerbitkan buku berjudul Life of Johnson yang menceritakan tentang kehidupan Johnson. Johnson merupakan salah satu tokoh sastra London paling berpengaruh, seorang seniman, serta penulis yang sama terkenalnya seperti Joshua Reynolds, Edmund Burke, Oliver Goldsmith dan David Garrick. Johnson bersahabat dengan Henry Thrale dan istrinya, Hester.

Thrale adalah seorang pembuat bir yang kaya dan anggota parlemen saat itu. Ia menerima Johnson seperti keluarganya sendiri.

Berkomentar dengan bijak
EmoticonEmoticon