Tuesday, September 12, 2017

Museum Edukasi : Museum Geologi Bandung


Museum Edukasi : Museum Geologi Bandung

Bewisata merupakan salah satu kegiatan yang sangat disukai semua orang. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melepaskan beban pikiran baik dalam beberapa urusan pekerjaan, sekolah dan lain sebagainya. 

Wisata saat ini memiliki berbagai macam jenis, diantaranya ialah wisata ziarah, wisata alam, wisata buatan dan masih banyak lagi jenisnya. Kali ini kita akan membahas sedikit wisata edukasi. 

Mengapa disebut wisata edukasi?
Karena selain kita dapat menikmati liburan atau melihat benda indah, kita juga sambil memetik ilmu yang tersirat disana. 

Salah satu wisata edukasi yang ada di kota Bandung ialah Museum Geologi. Mungkin kalian sudah tahu bahwa museum ini memiliki fosil yang banyak serta batuan yang berbagai macam bentuk dan jenisnya.

Museum Geologi berlokasi di Jalan Diponegoro, tepatnya berdekatan dengan Gedung sate dan lapangan Gasibu Bandung. Museum ini juga salah satu tempat dimana sering datangnya rombongan baik dari tingkatan TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi. Selain itu juga banyak turis asing yang berknjung ke museum ini.

Wisata edukasi ini tentu saja menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi si kecil. Untuk lebih mengenal mengenai kehidupan jaman dahulu atau jaman dinosaurus. Didalam gedungnya terdapat beberapa ruangan peragaan yang setiap ruangannya memilki fosil yang berbeda-beda.

Ruangan Peragaan Sejarah Kehidupan
Ruangan sejarah kehidupan, merupakan ruangan yang berisi mengenai awal mulanya kehidupan di bumi ini terjadi. Disana juga terdapat beberapa fosil yang paling tua yaitu Stromatolite. Bagi kalian yang ingin melihat fosil besar, dapat menemukannya disini. Fosli dinosaurus yang berjenis Tyranosaurus Rex atau T-Rex berada di ruang sejarah kehidupan. Tinggi fosilnya 6.5 meter, memiliki panjang 14 meter dan berat sekitar 6ton.  

Selain fosil T-Rex tersebut, disana juga terdapat beberapa fosil yang ditemukan di pulau Indonesia seperti, kerbau purba, kura-kura purba raksasa, buaya, kudanil, macan, harimau dan lain sebagainya. Disana pula terdapat informasi mengenai punahnya para kehidupan dinosaurus yang diputar melalui layar led. 

Fosil tengkorak dapat kalian lihat di ujung dari ruangan sejarah kehidupan. Terdapat berbagai macam jenis tengkorak yang ditemukan di berbagai macam pulau. Untuk yang terakhir, kalian dapat informasi mengenai perkembangan awal mula terbentuknya manusia. Walaupun banyak yang pro dan kontra mengenai hal tersebut. 

Ruangan Peragaan Batuan Indonesia
Ruang ini merupakan ruanagan yang paling disukai para pengunjung khususnya wanita. Dengan tema yang menggambarkan kita sedang berada di angkasa, dalam ruangan ini terdapat pemutaran sebuah dokumentasi angkasa yang dibekali 6 infokus dan lampu-lampu hias, juga dtambah layar yang 3d.   

Apabila kita terus masuk, pada pertengahan ruangan ini kalian dapat melihat berbagai macam batuan yang sangat cantik, mungkin kalian samapi ingin memegangnya. Area ini sering dijadikan bahan objek foto bagi para pengunjung. Selain batuan yang cantik, pencahayaan nya pun terbilang pas untuk berfoto. 
Ruangan Peragaan Manfaat dan Bencana Geologi
Ruangan ini berada di lantai dua Museum Geologi. Dalam ruangan ini kalian dapat melihat barang-barang dari bencana yang terjadi seperti halnya longsor, gunung meletus hingga tsunami (banjir besar). Ada produk yang unik yang tentunya kalian harus coba disini, yaitu simulator gempa. 

Simulator gempa merupakan produk yang ditawarkan oleh museum geologi secara gratis kepada para pengunjungnya. Setiap pengunjung dapat mencoba simulator tersebut. Simulator tersebut memiliki daya getaran 5skala yang diperkecil. Untuk lebih mendalami sensasi gempa. Simulator ini diberi 2 mode model gempa, yang pertama gempa vertikal dan kedua horizontal. Didukung juga dengan background yang berbeda-beda, sehingga terlihat lebih nyata. 

Tapi, kalian harus mengantri, biasanya simulator ini memiliki jumlah peminat yang banyak, bahkan saat pertama kali dibuka, simulator ini hingga mengalami kerusakan, yang diakibatkan pemakaian yang tiada henti. Akan tapi, saat ini simulatornya kembali bekerja dengan normal.

Ruang Peragaan Sumber Daya Mineral
Ini merupakan ruangan peragaan terakhir di Musem Geologi. Untuk pecinta batu akik, disini dipamerkan beberapa batu akik juga. Selain dari batu, terdapat beberapa minyak, tanah dan batuan. Ada beberapa informasi yang dapat kalian petik disini, seperti halnya dari mana awalnya air mengalir dan pentingnya air bersih bagi kehidupan sehari-hari.

Kesemua ruangan peragaan itu tentu saja sangat bermanfaat, khususnya bagi siapa saja yang mau mengenal sejarah kehidupan dengan cara berlibur. 

Nah, untuk kalian yang akan berkunjung kesana, jangan lewatkan pemutara film yang dilakukan diruang auditorium. Biasanya setiap rombongan diberi kesempatan untuk menonton film. Apabila kita berkunjung sendiri pun bisa menonton, akan tetapi kalau di persilahkan, kita juga bisa ikut masuk rombongan agar bisa menonton.  

Untuk tiket yang ditawarkan sangatlah murah atau pas dikantong anak kosan

Biaya tiket masuk :
Pelajar Rp 2.000
Umum Rp 3.000
Asing Rp 10.000

Operasional: 
Senin - Kamis pukul 08.00 - 16.00
Sabtu - Minggu pukul 08.00 - 13.00  
Tanggal merah dan hari Nasional tutup

This Is The Oldest Page

Berkomentar dengan bijak
EmoticonEmoticon