Breaking News

Metode Deface Website

Metode Deface Website

Banyak website yang menjadi korban para defacer. Tidak tanggung-tanggung, website pemerintah dan pendidikan pernah menjadi korban dari ulah mereka. Deface merupakan kegiatan yang menurut mereka sangat menyenangkan, karena mereka dapat memasuki sebuah sistem website.
Ternyata ada beberapa teknik loh yang dipakai mereka dalam melakukan aksinya, dan teknik mereka ini biasanya selalu dapat menembus suatu sistem web korban, simak selengkapnya.
Metode deface  yang dipakai untuk menembus suatu keamanan website :

SQL Injection


Teknik sql injection merupakan teknik paling fenomenal yang dipakai para hacker untuk mendeface suatu website. Tidak hanya untuk deface saja, bahkan teknik ini dapat mengambil beberapa data penting dari suatu data base website. Sql injection memang salah satu cara yang sangat ampuh yang dipakai oleh hacker. 
Metode deface Sql injection menjadi hal yang ditakuti bagi para pemilik website terkemuka. Teknik ini memang agak sulit untuk yang baru mengenalnya, akan tetapi apabila kalian sudah memahami betul karakter dari sql, membobol website sangatlah mudah. Sql injection ini biasanya memanfaatkan kerentanan pada suatu website menggunankan query. 

BrutoForce


Teknik mengerikan ini juga menjadi andalah bagi para defacer yang melakukan aksinya. BrutoForce merupakan salah satu teknik deface yang menggunakan kumpulan beberapa password dan username, yang mana digunakan untuk masuk kedalam suatu website dengan secara paksa. 
Disini biasanya si hacker mengumpulkan dulu beberapa ratus hingga ribuan password dan username, kemudian mereka juga menggunakan alat BrutoForce yang biasanya merek buat sendiri. terbukti teknik ini sangatlah menakutkan, karena banyak juga defacer di Indonesia yang melakukan aksinya menggunakan teknik ini

Bypass Admin Login


Bypass admin login menjadi dari beberapa metode defcae  yang dipakai untuk memasuki sistem suatu web. Biasanya, web yang bisa dapat ditembus dengan menggunakan ini sangatlah rawan sekali dan mungkin bisa dikatakan akan mengalami usilan dari para defacer setiap harinya.

Kemudahan celah ini tentu sangat dimanfaatkan oleh defacer yang sedang melakukan aksinya. Merek akan dengan mudah masuk melalui page admin login dan memasukan username menggunakan inject login.

Social Engineering


Teknik ini sangatlah tergantung dari bahasa dan pengetahuan kita. Teknik yang melibatkan pola pikir, suasana dan kejadian. Disini biasanya para hacker mencoba menghubungi beberapa penyedia layanan hosting. Mereka menipudaya dengan mengaku-ngaku sebagai owner dari suatu website yang memiliki masalah atau gangguan. Setelah itu, mereka menanyakan mengenai dns nya.

Kepiawayan mereka sangatlah harus sempurna, karena memastikan bahwa mengaku menjadi owner suatu website yang bukan milik mereka sangatlah memiliki resiko. Setelah mereka berhasil mengetahui nama dns nya, langsung saja biasanya mereka melakukan aksinya. 
Beberapa teknik diatas, hanya sebagian besar saja. Sebenarnya teknik yang digunakan oleh para hacker ada banyak. Akan tetapi secara umum yang paling banyak digunakan untuk melakukan deface adalah beberapa teknik yang sudah tadi dijelaskan.

Oleh sebab itu, pemilik website harus selalu memeriksa kondisi websitenya secara rutin, bahkan harus selalu menyediakan backup. Karena banyak defacer juga yang tidak mengubah file indeks, tapi juga sebagian menghapusnya. Oleh sebab itu, backup sangat dianjurkan.

No comments

Berkomentar dengan bijak