Breaking News

Cara Mudah Memperbaiki Masalah Kipas Laptop

masalah kipas laptop

Baik itu Asus, Toshiba, Acer atau laptop merek lain, mungkin akan menimbulkan beberapa masalah setelah beberapa tahun. Masalah yang paling umum bisa jadi overheating atau kipas laptop yang bising. Kedua isu ini tentunya akan mengganggu kita pada saat mengerjakan pekerjaan.

Mungkin ada dua alasan yang menyebabkan yaitu:
  • Debu 
  • Terlalu panas 
Ini harus dihentikan agar kalian bisa bekerja tanpa mendengar suara penggilingan aneh, berdengung atau berderak. Terlepas dari dua hal tersebut, mungkin ada beberapa alasan lain seperti kipas pendingin bisa berjalan lebih cepat dari kecepatan biasa atau terlalu lama menggunakannya.

Sebuah laptop yang digunakan di bawah kondisi beban kerja yang ekstrim juga dapat menyebabkan kepanasan, yang selanjutnya berakibat pada masalah kipas laptop yang bising.

Bahkan laptop pun mudah rawan rusak dengan debu, yang pada gilirannya menyebabkan masalah laptop yang bising ini. Itu karena debu tersumbat pada kipas angin, membuatnya menjadi panas dan berisik. Nah, tantangan di sini adalah apa yang harus dilakukan untuk mendinginkan kipas laptop dan menyingkirkan masalah ini.

Baca Juga :
Ada beberapa solusi untuk memperbaikinya.

Jika laptop kalian berisik, itu berarti laptop itu terlalu banyak bekerja. Untuk mengatasi situasi ini, periksa semua proses yang berjalan untuk mengetahui proses intens mana yang membuat CPU bekerja lebih keras daripada biasanya. Jika tidak ada proses seperti itu yang hampir berjalan pada 100, maka itu adalah kipas CPU yang perlu diperiksa.

Periksa Task Manager
Buka task manager dengan mengklik kanan pada task bar. Sekarang, end task semua proses yang sedang berlangsung untuk membebaskan kipas CPU dari putaran atau dengungan. Jika kalian bermain video game atau mengerjakan perangkat lunak tingkat lanjut, berhentilah sebentar.

Gunakan Laptop Cooler
Kalian juga bisa menggunakan pendingin laptop yang bisa sangat efektif. Bagi mereka yang menggunakan laptop untuk bermain game atau mengerjakan perangkat lunak semacam itu yang membutuhkan kerja CPU untuk waktu yang lama.

Kalian dapat memilih dari pendingin laptop yang memiliki baseplates pendinginan dan yang terpotong di laptop untuk menarik lurus atau menyedot udara panas. Membersihkan fan laptop adalah suatu keharusan.

Jika tidak ada solusi di atas yang menguntungkan, maka bersiaplah untuk membersihkan kipas laptop. Selama periode waktu, debu dan rambut bisa menumpuk dan tersumbat ke laptop kalian, sehingga mengurangi aliran udara ke laptop.

Jika kalian tahu sedikit tentang bagian dalam dari CPU, kalian mungkin melakukannya sendiri. Jika tidak, kalian bisa menghubungi teknisi untuk menyelesaikannya. Saat melakukannya sendiri, pastikan mengeluarkan baterai terlebih dulu agar tidak terkena listrik statis. Selain itu, jangan lupa cabut adaptor AC juga.

No comments

Berkomentar dengan bijak