Wednesday, September 13, 2017

Beberapa hal yang dapat mengurangi visitor blog


Beberapa hal yang dapat mengurangi visitor blog

Penulisan konten menjadi acuan apakah blog yang kita miliki sudah sesuai dan memberikan manfaat untuk orang lain?. Jika belum tentu saja ada masalah dalam blog kita, baik itu segi kualitas konten, template yang susah dimengerti dan sebab lainnya.

Akibatnya dapat menimbulkan para pembaca atau visitor kita berkurang dan apabila berkelanjutan kita akan merasa bosan lalu berhenti menulis artikel.

Disini kita akan sedikit memberikan informasi mengenai permasalahan tersebut. Bisa saja visitor blog kalian bisa teratasi dengan mengenal beberapa hal yang akan dibahas saat ini, terutama untuk visitor yang masih minim.

1.Pilihlah template yang sesuai dengan tema
Siapa sih yang tidak ingin blognya terlihat apik, rapih dan enak dipandang. Itu didukung dari template seperti apa yang kita gunakan. Ibaratnya kita ingin pergi berkencan, pasti kita bingung, pakaian seperti apa yang cocok untuk pergi berkencan kan. 

Mana mungkin, kita pergi berkencan menggunakan pakaian renang. Bisa ditolak nantinya. Seperti itulah template. Kita harus mengetahui cocok tidaknya suatu template dengan niche blog yang kita inginkan. Jangan sampai niche tentang teknologi yang memilki sub yang banyak, kita menggunakan template yang sangat memiliki warna warni dan sangat mencolok. 

Untuk teknologi, biasanya cukup 2 varian warna, hitam dan putih, putih dan biru, hitam dan merah. sesuaikan dengan imajinasi saja tapi tetap enak dipandang. Seandainya terlalu menggunakan banyak warna, yang ada pembaca akan sedikit terganggu dan lambat laun beralih ke blog lain.

2. Kualitas Konten
Konten adalah isi utama dari suatu blog atau website. Kualitas konten sangatlah harus baik dan menarik. Terlebih lagi, apabila memberikan manfaat akan diburu para pembaca. Oleh karena itu, konten harus memiliki tingkatan yaitu:
  • Pembukaan menarik singkat  
  • Penjelasan apa saja yang akan dibahas
  • Pembahasan atau isi
  • Solusi
  • kesimpulan
  • Penutup
Terapkan beberapa tingkatan tersebut dan cobalah untuk mencari informasi terlebih dahulu sebelum membuat atau menuliskan suatu konten. Karena konten yang hasil mengada-ada akan terlihat tidak enak dibaca, berbeda dengan konten yang dari hasil riset informasi dari sana dan sini. Mungkin terlihat lebih padat dan memiliki manfaat.

Terkadang banyak blogger yang melakukan proses pembukaan yang berbelit-belit sehingga terlalu lama menyentuh inti dari isi konten. Terdapat kesalahan dalam mengambil topik. Usahakan topik yang diambil adalah topik yang kita kuasai. Itu akan memberikan keaslian dari konten dalam blog kita.

3. Kurangnya Promosi 
Promosi dapat meningkatkan kualitas blog kita. Diibaratkan kita menjual ps4 misalnya, tetapi kita tidak memberitahu kepada semua orang. Apakah ps4 kita akan cepat terjual apa tidak? tentu saja tidak, karena tidak ada yang mengetahui bahwa kita sedang menjual ps4. 

Sama halnya dengan blog, seandainya kita memberitahu bahwa ini blog kita, orang lain pasti akan tahu, bahwa ini blog kita, bukankah begitu?. Terlebih lagi, apabila kalian mengikuti suatu komunitas atau sesama blog yang memiliki kemiripan. Saling promosi selain mendapatkan visitor, tentu dapat mendapatkan relasi.

Saling tukar pendapat blog masing-masing, memberi saran dan tanggapan. Tentunya itu akan berakibat pada peningkatan visitor kita. 

4. Hindari Kegiatan Copy Paste
Copy paste merupakan salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan para blogger. Mereka yang kehabisan ide untuk menulis mengambil langkah ini sebagai alternatif. Kegiatan ini mungkin sedikit merugikan penulis asli, akan tetapi alangkahh lebih baiknya kita melakukannya. 

Seandainya kita kehabisan ide, cobalah cari informasi yang sama dari berbagai sumber. Kemudian kalian tulis kembali dengan kata-kata kalian sendiri tetapi tetap berfokus pada tema inti atau isinya. Copy paste mungkin sudah menjadi hal yang lumrah, akan tetapi akan merugikan kita nantinya.

5.  Berikanlah manfaat atau informasi
Tidak banyak dari blogger saat ini yang hanya menuliskan beberapa tulisannya yang sama sekali tidak memiliki informasi atau manfaat. Artikel ini tentu saja sangat mengganggu kita, seperti halnya judulnya yang membuat kita mengklik, tetapi isi dari artikel terebut tidak sesuai sama sekali. Seperti halnya berita hoax. Kita ditipu dari judul besarnya saja, tetapi untuk isinya kosong sama sekali. 
Pengunjung akan lebih memilih isi kontent yang padat dan bermanfaat, dibanding judul besar yang isinya hampa. 

Penjelasan diatas merupakan beberapa hal yang dapat memungkinkan mengurangi visitor atau pembaca di blog kita. Setelah membaca dan menafsirkan dasar-dasar permasalahan tersebut, ada beberapa solusi yang bisa kalian ambil dan praktekan.
Solusi yang dapat diambil

1. Riset Pesaing
Buatlah konten yang memiliki peminat banyak pembaca. Bagaimana caranya?, kita riset keyword pada google saja terlebih dahulu. Disini kita tidak akan membahas lebih mengenai keyword, yang kita bahas ialah konten yang memiliki banyak pembaca dan memiliki pesaing yang sedikit.

Misalnya, kita search di google "cara membuat tubuh langsing"
Kita lihat ada berapa pesaing, akan lebih bagus ambil pesaing yang sangat sedikit. Apabila keyword tersebut masih banyak pesaing, cobalah menambahkan angka seperti 5, 7 dan lainnya.

Contohnya jadi seperti ini : "5 Cara membuat tubuh langsing".  
Masih juga banyak? kita tambahkan lagi waktu seperti 2 hari 1 minggu dan lainnya.
Jadi seperti ini : "5 Cara membuat tubuh langsing dalam waktu 5 hari"

Intinya, semakin berkualitas isi konten didukung dengan judul yang sesuai, pasti akan mendapatkan banyak visitor, ditambah lagi pesaing yang sedikit. Itu merupakan salah satu contoh yang dinamakan long tail keyword. Untuk blogger pemula lebih baik menggunakan long tail, karena akan lebih mengenal dasar dari keyword itu sendiri.

2. Gunakan Template Responsive
Kenyamanan pembaca tentunya didasari dari kerangka atau template yang digunakan. Dalam mengatasi hal ini, alangkah baiknya kita memberikan template yang tidak menyusahkan pembaca. Usahakan tidak menggunakan slider post terlebih dahulu. Biasanya slider post dapat mengurangi kecepatan loading suatu blog

Template responsive merupakan salah satu template yang direkomendasikan untuk blogger pemula. Template yang terlihat simple tetapi memiliki berbagai fitur pendukung. Pilihan ini juga dapat diterapkan bagi siapa saja yang ingin menjadi publisher google adsense.

3. Promosi
Tingkatkanlah visitor kalian dengan cara promosi. Banyak yang bilang bahwa promosi di facebook, instagram dan lainnya tidak bagus. Menurut saya pemikiran seperti itu mungkin salah. Selama yang dibagikan itu hal yang bermanfaat dan informasi menarik kenapa tidak boleh?. Ada yang bilang bahwa visitor facebook dan media lainnya itu tidak baik buat adsense. 

Promosi itu memerlukan porsi, artinya kita tidak harus mempromosikan setiap artikel atau tulisan yang kita tulis di setiap komunitas dan media sosial. Lakukanlah promosi pada artikel yang menurut kita pantas dipromosikan untuk menunjang perkembangan blog. 

Buatlah satu artikel yang dapat merambah semua artikel yang ada dalam blog kita. Caranya, buatlah link penghubung suatu artikel ke artikel lainnya artinya saling berkaitan. Tulisan seperti ini lebih baik dipromosikan, karena berakibat besar terhadap peningkatan pembaca pada blog kita.  

Kesimpulan yang bisa kita ambil bahwa menjadi blogger profesional yang memiliki penghasilan tidaklah mudah. Banyak sekali dasar-dasar yang harus diperhatikan untuk kelangsungan blog. Saling berinteraksi dengan sesama blogger, sharing pengalaman dan tips dapat membuat artikel atau tulisan kita akan lebih berisi dan bermanfaat.

Itu merupakan coretan sedikit tentang hal yang memngungkinkan visitor pada blog kita sepi seperti kuburan. Semoga dengan penjelasan singkat tadi, kita dapat meningkatkan kualitas artikel, kenyamanan pembaca sehingga mereka akan terus bertambah dan blog kita menjadi terlihat hidup.

Berkomentar dengan bijak
EmoticonEmoticon